Wapres JK Usulkan Makassar Jadi Ibukota Negara, Ini Kata Wali Kota

0
23

Zonamakassarcom, Makassar – Wacana pemindahan Ibukota Negara menjadi perhatian Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. Pasalnya, saat pembahasan pemindahan Ibukota Negara tersebut, kota Makassar sempat diajukan oleh Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK).

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mendukung jika Makassar menjadi salah satu kandidat menjadi Ibukota Negara. Meski mendukung, Danny Pomanto menilai masih ada daerah lain di Sulawesi selatan (Sulsel) yang lebih layak untuk menjadi Ibukota Negara. Daerah yang disebut Danny Pomanto yakni Kabupaten Jeneponto.

Danny yang tak lain juga seorang arsitek, menilai Jeneponto memiliki keunggulan karena berada di ketinggian 60 meter dari permukaan laut. Menurutnya dengan kondisi geologis tersebut, membuat Jeneponto aman jika terjadi tsunami.

“Kalau ada tsunami aman. Selain itu tidak mengorbankan lahan-lahan subur di dekat Makassar. Banyak kriteria masuk di situ. Ini pandangan saya sebagai konsultan,” paparnya, Selasa (30/4/2019).

Sementara terkait tiga provinsi di pulau Kalimantan yang menjadi kandidat kuat calon Ibukota Negara, Danny menyebut Kalimantan memang aman dari bencana alam.

Meski demikian, pemerintah, khususnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) perlu mempertimbangkan Kalimantan yang sering terjadi kebkaran hutan.

“Kalimantan itu gambut mudah terbakar, kemudian dekat perbatasan. Ibu kota yang baik itu harus aman dari perbatasan. Di sana juga susah air,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.